RSS

Cara Membersihkan Sensor kamera DSLR Sendiri dengan cara ke 3

Salam kembali sob, inilah Cara 3 untuk membersihkan sensor yang saya lakukan.
bahan-bahannya

  1. Sensor Swab (bisa di beli di toko kamera atau di toko online)
  2. Blower
  3. Tisu
  4. cutton bud
  5. Lenspen (pembersih pensa+kuas)
  6. kertas putih
  7. kaca pembesar
  8. balpoin\pulpe  (untuk membantu membuat titik focus pada kertas)
  9. Alkohol 50% atau 70% (usahakan dibawah 70%, karna ditakutkan akan merusak sensor nantinya ) usahakan juga beli alkohol yang cepat kering




Coba dulu Cara 1 

Coba juga cara 2

kalo kedua cara tersebut masih belum berhasil, barudeh pake cara ini, sebetulnya cara ketiga ini muncul dari keisengan, penasaran dan kantong boke saya aja sob, klo ga lagi boke sih mungkin lebih baik beli lagi swab tipe basah atau beli cairan pembersih sensor, tapi dikarnakan lagi, boke dan sdikit penasaran dengan alkohol, maka saya putuskan untuk membeli alkohol aja hehe

Hampir sama dengan cara 2, untuk cara ketiga saya menggunakan sensor swab juga, tapi untuk kali ini saya gunakan sensor swab kering yang saya basahi dengan alkohol (mudah2n kameranya ga mabuk hehe)

1. Basahi Swab kering dengan alkohol
2. Sapukan pada sensor kamera (lihat cara 1)
3. Keringkan sisa air menggunakan cattonbud
4. Keringkan dan bersihkan lagi menggunakan swab kering (tanpa alkohol)
5. Balikkan kamera menghadap bawah dan tiup beberapa kali menggunakan blower
6. Matikan kamera
7. Pasang kembali lensa
8. coba cek apakah sudah bersih apa belum dengan cara memotret kertas putih atau langit

hasil bersih bersih 
Photo 1
ada dua debu mikro (5 Agustus 2013)

Photo2
Photo setelah dibersihkan menggunakan alkohol, Alhamdulillah debunya bersih total
(photo diambil tgl 6 Agustus 2013)



Saya sendiri gatau efek dari membersihkan menggunakan alkohol kedepannya bagaimana, jadi untuk yang ini sangat tida saya sarankan, kecuali kalo anda brani menanggung resiko sendiri dan memiliki rasa penasaran dan tingkat nekat yang tinggi ^_^


semoga bermanfaat 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment