RSS

Pusat Promosi Perdagangan Hasil Kerajinan dan Oleh Oleh Sukabumi

Kabupaten Sukabumi sebagai kabupaten terluas se Jawa-Bali, secara administrasi pemerintah terdiri dari 47 kecamatan, 356 desa, 3 kelurahan dengan jumlah penduduk 2.200.000 jiwa lebih.
Perekonmian Kabupaten Sukabumi salah satunya digerakan sektor industri, khususnya kegiatan industri kecil dan menengahyang identik dengan pengrajin banyak tersebar diseluruh Kabupaten Sukabumi. Melihat kondisi tersebut keberadaan industri kecil sangat berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga industri kecil yang identik dengan industri rakyat perlu terus dikembangkan keberadaannya baik secara kualitas maupun kuantitas agar industri kecil akan lebih berperan dalam memberikan kontribusi pembangunan ekonomi daerah.
Pemerintah Daerah sesuai dengan visi dan misinya sangat komitmen ingin menumbuhkembangkan perekonomian daerah yang bertumpu pada sektor unggulan dan perekonomian rakyat. Atas hal tersebut pemerintah daerah telah mempunyai program untuk melaksanakan komitmen tersebut melalui program bantuan permodalan, teknologi, manajemen, dan pemasaran untuk para pelaku UKM dan IKM.
Salah satu implementasi dari program tersebut untuk membantu pemasaran hasil produksi para UKM dan IKM, dibentuklah Pusat Promosi Perdagangan Hasil Kerajinan Dan Oleh-Oleh Sukabumi.
Dalam pengoperasian Pusat Promosi Perdagangan Hasil Kerajinan Dan Oleh-Oleh Sukabumi ini Pemerintah Daerah telah memberikan kepercayaan kepada DEKRANASDA sebagai organisasi kemasyarakatan yang mempunyai fungsi membantu dan membina para pelaku usaha kecil/pengrajin untuk mengelola operasionalisasi Pusat Promosi Perdagangan Hasil Kerajinan Dan Oleh-Oleh Sukabumi.
Dengan penuh harapan Pemerintah Daerah dengan dibangunnya Pusat Promosi Perdagangan Hasil Kerajinan Dan Oleh-Oleh Sukabumi ini akan mendorong dan memacu para pelaku UKM dan IKM untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat

Alamat : Jalan Cigayung No. 292 Kec. Cisaat Kab. Sukabumi
Tlp : 0266-211577

Berawal dari Seringnya saya melalaui lokasi ini, maka saya coba untuk mencari artikel tentang informasi lengkap dari fungsi dan apa saja yang dijajakan di gedung Promosi kerajinan dan Oleh-Oleh Sukabumi, dah setelah dapat informasi yang cukup, maka mulailah saya berkunjung dengan membawa peralatan tempur (kamera) hehehe..
 
inilah beberapa produk yang berhasil saya dokumentasikan


Gambar 1
Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5 : Hasil Kerajinan Pelabuhan Ratu

Gambar 6 : Wayang Golek

Gambar 7 :

Gambar 8

Gambar 9 


Beberapa Photo yang diambil dari  http://geraidekranasdasukabumi.blogspot.com/

Lampu Lukis Paralon, merupakan Produk unggulan yang tellah terkenal di mancanegara, seperti Perancis, Swiss, Inggris, Negara-negara eropa lainnya, juga negara Asia seperti Jepang, Korea Selatan, China, India, Negara - negara Timur Tengah dll. bahan yang digunakan merupakan Pipa Paralon dari berbagai jenis dan ukuran.

Kerajinan Miniatur Drum merupakan produk campuran Logam dll yang mana sukabumi merupakan sentra penghasil kerajinan logam terbesar yang telah terkenal ke luar negeri

Kerajinan Seni Ukir Tanduk merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Sukabumi, yang menjadi ciri khas dari kerajinan ini semuanya menggunakan tangan/ hand made. bahan yang digunakan adalah tanduk kerbau, tenduk sapi, dan juga tanduk domba.

Kerajinan Wayang Golek merupakan kerajinan khas Jawa Barat pada umumnya, tetapi sukabumi mempunyai pengrajin wayang golek. ini adalah salah satu produk unggulan dengan icon wayang Golek Cepot yang terkenal, dan juga salah satu Punakawan Yang terkenal

Lampion Lukisan merupakan hasil kerajinan yang banyak memberikan perubahan pada seni kerajinan di sukabumi

Sirup Pala, adalah minuman khas sukabumi yang telah terkenal karena ciri khasnya yaitu buah pala yang merupakan buah unggulan di sukabumi. selain di jadikan sirup buah pala juga bisa dijadikan penganan manisan seperti Rempang Pala, atau di kombinasikan dengan pepaya yang disebut PALADANG

Lukisan Naturalis adalah produk unggulan sukabumi yang menjadi primadona, karena selain natural juga realis dalam pemilihan tema dan judul dari lukisannya


Kerajinan Rajutan, adalah salah satu produk unggulan berikutnya yang juga telah di eksport ke negara-negara timur tengah seperti Saudi Arabia, Turki, Iran, Irak Dll.



Beberapa Photo  yang diambil dari  http://geraikerajinansukabumi.blogspot.com/
Seni Ukir Tanduk

 olahan kedelai tradisional

 madu perhutani asli

 Lampu Tempel Paralon

 manisan pala kering khas sukabumi

 kerajinan batu khas sukabumi

 aneka olahan belut khas sukabumi

 makanan khas sukabumi

 makanan tradisional khas sukabumi

 makanan olahan gula

 produksi pemuda kreatif citarik Cikidang sukabumi

 rajutan khas sukabumi

olahan coklat pengrajin sukabumi


Sebagian Besar tulisan pada artikel ini saya ambil dari
http://geraidekranasdasukabumi.blogspot.com/
http://geraikerajinansukabumi.blogspot.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

chintia lim said...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Post a Comment